Kerja ilmiah

Kerja ilmiah

LANGKAH­-LANGKAH METODE ILMIAH :

  1. Melakukan observasi

Observasi adalah sebuah pengamatan terhadap suatu objek. Objek biologi menarik untuk diamati, misalnya : pengamatan terhadap seekor hewan dilakukan untuk mengetahui bentuk, ukuran,warna,cara berjalan,bau,suara,kehalusan kulit atau rasa. Jadi dalam pengamatan digunakan indera agar diperoleh kesan dan tangggapan menyeluruh. Indera tersebut adalah pelihat, pencium, pendegar, peraba, dan perasa.

Hasil pengamatan harus terukur, misalnya :

  • Panjang tankai daun 5cm
  • Luas daun 30cm
  • Tinggi hewan 47cm
  • Kadar gula 12% dll.

  1. Menentukan dan merumuskan masalah

Masalah adalah segala persoalan yang perlu dipecahkan secara pasti dan benar.

Untuk mendapatkan masalah kita perlu membuat pertanyaan. Pertanyaan dapat menggunakan sistem ABDIKASIM singkatan dari apa, bagaimana, dimana, kapan, siapa dan mengapa.

Apabila kita melihat suatu kejadian,segera bertanyalah, Apakah itu? Bagaimanakah hal itu dapat terjadi? Dimana itu biasa terdapat? Kapan hal itu berlangsung? Siapa yang pernah melakukannnya? Mengapa hal itu terjadi.

  1. Menyusun kerangka berpikira

Kegiatan ini meliputi mengupulkan keterangan atau data yang berkaitan dengan masalah. Gunanya adalah untuk menemukan jawaban sementara terhadap masalah tersebut. Keterangan-keterangan itu dapat dibaca diperpustakaan atau dari laporan hasil penelitian orang lain.

  1. Merumuskan hipotesis

Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah berdasarkan teori dan fakta, misalnya secara teori tumbuhan memerlukan pupuk. Kemudian dibuat pupuk A yang belum diketahui pengaruhnya terhadap tanaman jagung. Rumusan maslahnya adalah bagaimana pengaruh pupuk A terhadap tanaman jagung? Rumusan hipotesisnya adalah pupuk A berpengaruh positif terhadap tumbuhan tanaman jagung.

  1. Memprediksi

Memprediksi adalah memprakirakan apa yang akan terjadi berdasarkan :

  • Fakta data yang ada

Misalnya, Seekor ayam betina kemarin bertelur, hari ini bertelur. Dapat diprediksi besok, lusa, dan seterusnya bertelur.

  • Sumber bacaan/hasil penelitian
  1. Melakukan eksperimen

Dalam tahap ini dilakukan serangkaian percobaan untuk menguji hipotesis. Tujuan eksperimen adalah untuk membuktikan hipotesis dengan didukung oleh bukti nyata empiris dari hasil percobaan.

  1. Menarik kesimpulan

Kesimpulan dibuat berdasarakan hasil eksperimen.

Kesimpulan dapat   – menolak hipotesis

                                      _ menerima hipotesis

  1. Eksperimen lanjutan

Setelah kesimpulan dirumuskan biasanya muncul permasalahan baru yang menimbulkan hipotesis baru dan prediksi baru. Hal demikian memerlukan eksperimen lanjutan . selain itu orang lain yang tidak yankin terhadap hasil eksperimen dapat melakukan eksperimen ulangan.

Leave a comment